JPNN.com

COVID-19 Masih Ganas, Datang Pula Gelombang Panas

Kamis, 26 November 2020 – 05:21 WIB
COVID-19 Masih Ganas, Datang Pula Gelombang Panas - JPNN.com
Temperatures are set to soar over the next few days as hot air is drawn down from the centre. (ABC News: Gian De Poloni)

Musim panas tahun ini belum lama berlangsung di Australia namun kondisi gelombang panas diperkirakan mulai terjadi pada akhir pekan. Di Adelaide, suhu udara 40 derajat Celcius akan berlangsung selama tiga hari.

  • Sebagian besar wilayah Australia diperkirakan mengalami kondisi gelombang panas pada akhir pekan
  • Suhu udara di Adelaide akan mencapai 40 derajat Celcius selama tiga hari, bahkan wilayah pedalamannya akan mencapai 47C
  • Warga diminta untuk mengecek kerabat dan keluarga yang berusia lanjut dan yang membutuhkan bantuan saat terjadi suhu panas

 

Biro Meteorologi Australia (BOM) menyebutkan kondisi gelombang panas kategori tinggi akan menerjang sebagian besar wilayah dengan sumber suhu panas yang bergerak dari bagian tengah benua ini.

BOM menetapkan kondisi gelombang panas terjadi bila suhu udara maksimum dan minimum mengalami kenaikan dari biasanya selama tiga hari atau lebih.

Gelombang panas dibagi dalam tiga kategori yaitu ekstrim, bila dapat menimbulkan dampak pada infrastruktur, transportasi, energi, pertanian, cedera pada orang sehat maupun yang rentan.

Kategori gelombang panas tinggi terjadi bila membawa dampak bagi kesehatan orang yang rentan. Sedangkan kategori ringan bila tingkat suhu panas tidak biasa namun secara umum tidak menimbulkan dampak kesehatan.

Dimana saja gelombang panas akan menerjang?

Menurut penjelasan Jonathan How dari BOM, suhu panas terus meningkat di bagian utara dan tengah Australia selama beberapa minggu terakhir, dan pergerakan suhu dingin akan mendorong suhu panas tersebut ke bagian tenggara.

Mulai hari Rabu, suhu udara di Australia Selatan dan wilayah barat Victoria akan naik dan mencapai 30C.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
1