Covid-19 Memorak-porandakan Kehidupan, La Nyalla Minta Perbaikan Sistem Kesehatan

Covid-19 Memorak-porandakan Kehidupan, La Nyalla Minta Perbaikan Sistem Kesehatan
Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto: humas DPD RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan wabah Covid-19 telah memporak-porandakan berbagai aspek kehidupan.

Menurutnya, pandemi virus Corona telah menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki kelemahan di sistem kesehatan. Terutama dalam konteks ketahanan sektor kesehatan nasional.

Karena itu, La Nyalla meminta sistem kesehatan Indonesia segera diperbaiki agar bisa maksimal dalam melayani masyarakat.

"Kondisi ini harus menjadi cambuk dan menjadi momentum evaluasi bagi kinerja beberapa bidang, khususnya yang kurang siap mengantisipasi berbagai macam kondisi yang di luar kenormalan," kata La Nyalla, Jumat (22/1).

Mantan ketua umum Kadin Jawa Timur itu mengatakan banyak pihak menyebut ketahanan nasional di sektor kesehatan mendesak untuk diperkuat, selain ketahanan pangan dan pendidikan.

"Bidang kesehatan mungkin yang paling minim. Hal ini dilihat dari kesiapan pelayanan serta fasilitas yang kurang memadai. Kami pun bisa merasakan lemahnya pelayanan kesehatan dari puskesmas dan RS yang kurang strategis, atau jauh dari fungsi promotif dan preventif terhadap wabah penyakit," ungkapnya.

La Nyalla pun menilai sejumlah rumah sakit kerap gagap dalam menangani lonjakan pasien Covid-19.

Dia menegaskan bahwa kondisi Covid-19 memang di luar kenormalan, tetapi seharusnya tidak menjadi alasan untuk tak siap.

Menurut La Nyalla, pandemi Covid-19 telah menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki kelemahan di sistem kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News