Covid-19 Terus Bertambah, Anggota DPR Mendukung Pemerintah Memperpanjang PPKM Darurat

Covid-19 Terus Bertambah, Anggota DPR Mendukung Pemerintah Memperpanjang PPKM Darurat
Anggota Komisi IX DPR RI Anas Thahir (ANTARA/HO-Fraksi PPP)

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Anas Thahir mendukung pemerintah untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat di Jawa dan Bali.

Selain itu, Anas menyatakan apabila PPKM darurat diperpanjang, maka pelaksanaan di lapangan harus diperketat.

Menurut dia, hal itu supaya kebijakan PPKM darurat efektif menekan kasus positif Covid-19.

"Jika dalam dua sampai tiga hari ke depan Covid-19 masih terus bertambah, maka PPKM darurat harus diperpanjang dengan melakukan evaluasi dan perbaikan pelaksanaan secara lebih ketat," kata Anas Thahir dalam keterangannya, Rabu (14/7).

Dia mendorong penindakan tegas dan tidak tebang pilih supaya PPKM darurat efektif.

Anas menuturkan salah satu catatan PPKM darurat hingga berjalan selama sepekan antara lain masih banyak nonesensial atau nonkritikal beroperasi seperti biasa.

"Apabila masih ada perusahaan-perusahaan nonesensial/kritikal tidak taat aturan harus ditertibkan sesuai undang-undang yang berlaku," kata Anas.

Menurut Anas, pemerintah juga bisa mempertimbangkan kebijakan yang lebih ekstrem dengan opsi pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 secara ketat dan serentak di Pulau Jawa dan daerah lain.

Anggota Komisi IX DPR Anas Tharir menyatakan apabila pemerintah memperpanjang PPKM darurat, maka pelaksanaannya di lapangan harus diperketat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News