CPNS 2018: Kapan Kelulusan Seleksi Administrasi Diumumkan?

CPNS 2018: Kapan Kelulusan Seleksi Administrasi Diumumkan?
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Jawapos.com

jpnn.com, SAMARINDA - Pendaftaran CPNS 2018 lewat situs sscn.bkn.go.id akan ditutup pada 15 Oktober mendatang.

Sekretaris BKD Kaltim Nina Dewi mengatakan, sejak sepekan terakhir, jumlah berkas lamaran CPNS 2018 yang diterima pihaknya terus bertambah.

Sebelumnya, dalam satu hari berkas yang diterima hanya puluhan. Namun, dalam beberapa hari terakhir jumlah berkas yang diterima mencapai ratusan.

Bahkan ada berkas yang mesti dikembalikan karena salah alamat pengiriman. Berkas persyaratan mesti dikirim ke kabupaten/kota atau ke kementerian.

“Pengalaman kami empat tahun lalu yang mendaftar sampai 6 ribu orang. Bisa jadi tahun ini jumlahnya tidak jauh berbeda,” ucap Nina Dewi seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Dikatakan, tahun ini Pemprov Kaltim mendapat alokasi CPNS sebanyak 328 kursi. Terdiri atas formasi cum laude 9 orang, disabilitas 6 orang, dan umum 313 orang. Mayoritas formasi yang dibuka untuk tenaga guru dan kesehatan.

Tenaga guru dibuka sebanyak 211 kursi dan kesehatan 50 kursi. Sementara sisanya, 67 kursi untuk tenaga teknis. Adapun kualifikasi pendidikan yang dibuka mulai jenjang D-3 hingga S-2.

Terkait berkas persyaratan administrasi, dia menekankan, pelamar cukup menyerahkan sesuai yang dipersyaratkan. Tidak menambah dan tidak mengurangi. Misalkan, persyaratan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Persyaratan itu belum perlu diserahkan saat proses seleksi administrasi. Sehingga pelamar tidak perlu menyerahkannya.

Bagi pelamar CPNS 2018 yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti tahapan tes selanjutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News