CPNS Datangi Sekda Minta Bantu Diluluskan

CPNS Datangi Sekda Minta Bantu Diluluskan
CPNS Datangi Sekda Minta Bantu Diluluskan

jpnn.com - Hari ini, ribuan peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan menjalani tes. Berbagai upaya ditempuh untuk bisa lulus menjadi abdi negara. Apa saja itu?

SIRTUPILLAILI, Mataram  

SEORANG pegawai honorer kategori dua (K2) berpakaian rapi mendatangi rumah Sekretrais Daerah (Sekda) Kota Mataram HL Makmur Said di kawasan Monjok. Pria itu, nampak gusar namun tetap terlihat senyum. Kedatangannya tidak hanya ingin bersilaturahmi. Dengan gelagat malu-malu ia pun memulai pembicaraan tentang penerimaan CPNS.

Setelah memulai perbincangan cukup lama, ia kemudian mengutarakan niatnya. Setelah lulus menjadi honorer K2, rupanya pria ini belum merasa percaya diri untuk bisa lulus dalam selesksi CPNS tahun ini. Sehingga masih membutuhkan bantuan dari pejabat teras.

Bahkan di akhir pertemuan, sejumlah uang dikeluarkannya untuk diberikan kepada sekda sebagai uang pelicin agar bisa dibantu lulus dalam tes. Namun uang tersebut akhirnya dikembalikan lagi. ”Sia-sia. Saya bilang sama dia untuk tidak pakai cara seperti ini lagi. Sudah bukan zamannya,” tandas Makmur Said.

Menjelang tes CPNS, banyak yang kehilangan rasa percaya diri dan mendatangi para pejabat untuk mendapat bantuan. Makmur mengaku tidak hanya dirinya yang didatangi orang-orang seperti itu.  ”Wali kota pun  ada yang mendatangi,” ungkapnya.

Namun menurut Makmur, usaha mereka itu sia-sia. Penentuan kelulusan PNS tidak ada di daerah melainkan langsung diputuskan pemerintah pusat. ”Mau bagaimana, semuanya ada di pemerintah pusat,” katanya.

Meski demikian, saat didatangi honorer K2 dirinya tidak pernah menolak. Dia selalu menyambut. Namun, kepada orang yang menemuinya, Makmur menjelaskan bagaimana mekanisme perekrutan saat ini. Namun sebagian besar mereka tidak membutuhkan penjelasakan panjang lebar, yang dibutuhkan hanya kata ”ya” dari pejabat agar mereka merasa bisa lulus.

Hari ini, ribuan peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan menjalani tes. Berbagai upaya ditempuh untuk bisa lulus menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News