Cuaca Buruk, Pesawat Wings Air Gagal Mendarat di Bandara Nagan Raya Aceh

Cuaca Buruk, Pesawat Wings Air Gagal Mendarat di Bandara Nagan Raya Aceh
Wings Air. Foto dok Wings Air

jpnn.com - SUKA MAKMUE - Pesawat penumpang berjadwal dari maskapai Wings Air tujuan Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Provinsi Aceh, gagal mendarat, Senin (2/10) siang, akibat cuaca buruk. Pesawat terpaksa kembali ke Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara.

Airport Manager Wings Air Meulaboh Andi Siswanto mengatakan bahwa keputusan kembalinya pesawat udara ke Sumut setelah pilot memastikan tidak bisa mendaratkan pesawatnya karena alasan keselamatan penumpang akibat lebatnya guyuran hujan.

“Pesawat terpaksa kembali ke Kualanamu, karena jarak pandang di landasan pacu sangat rendah, yakni sekitar 500 meter sehingga membahayakan keselamatan penumpang,” kata Andi di Nagan Raya, Aceh, Senin (1/10).

Andi menjelaskan jumlah penumpang pesawat udara dari Kualanamu, Sumatera Utara menuju ke Nagan Raya, Aceh berjumlah sekitar 55 orang. “Pesawat Wings Air sudah berada kembali di Kualanamu, dan semua penumpang dalam kondisi selamat,” ungkapnya.

Sesuai jadwal penerbangan, pesawat Wings Air tujuan ke Nagan Raya tersebut berangkat dari Kualanamu, Sumut, sekitar pukul 08.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Nagan Raya pukul 09.55 WIB.

Namun, pada pukul 09.30 WIB pilot memutuskan untuk kembali ke bandara asal, karena jarak pandang di landasan pacu di Nagan Raya, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan pesawat.

Andimenjelaskan 55 penumpang yang saat ini berada di Bandara Kualanamu, Sumut, akan diterbangkan kembali ke Nagan Raya pada Selasa (3/10) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.  Sementara, 72 penumpang dari Nagan Raya juga akan diberangkatkan pada Selasa (3/10) sekitar pukul 08.00 WIB dengan pesawat yang sama.

Sementara itu, prakirawan Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, Almira Aprilianti yang dikonfirmasi terpisah membenarkan informasi bahwa pesawat Wings Air tujuan Nagan Raya dari Kualanamu, gagal mendarat karena cuaca buruk akibat guyuran hujan lebat.

Wings Air gagal mendarat di Bandara Nagan Raya Aceh akibat cuaca buruk, Senin siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News