Sabtu, 20 Januari 2018 – 22:00 WIB

Cuaca Buruk, Sejumlah Kapal Gagal Berangkat

Minggu, 14 Januari 2018 – 15:47 WIB
Cuaca Buruk, Sejumlah Kapal Gagal Berangkat - JPNN.COM

jpnn.com, BATAM - Sejumlah pelayaran di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) gagal berangkat karena cuaca buruk yang melanda perairan Kepri.

"Banyak yang gagal berangkat, karena ombak cukup tinggi di Selat Malaka. Infomasinya ketinggian mencapai tiga meter," kata Syahbandar PDS, Trino Palapa, Sabtu (13/1).

Dia menyebutkan rata-rata kapal yang gagal berangkat merupakan kapal berkapasitas kecil seperti speed boat. "Mereka lebih mementingkan keselamatan, jadi tak berangkat," ujarnya.

Akibat cuaca buruk ini, jumlah penumpang yang melalui PDS mengalami penurunan cukup drastis. Kalau biasanya jumah penumpang mencapai 1.500 orang namun sekarang diperkirakan kurang dari seribu.

"Hampir 50 persen penurunannya," sebut Trino.

Dia mengungkapkan saat ini, keselamatan penumpang merupakan prioritas. Jika keadaan tidak memungkinkan, pihaknya akan melarang kapal untuk berlayar.

"Kami sudah koordinasi dengn syahbandar tujuan juga, dan kondisinya sama," ungkapnya.

Tingginya gelombang yang tengah melanda perairan Kepri, nahkoda kapal yang berangkat diminta untuk berhati-hati. Berdasarkan informasi dari BMKG, ombak cukup tinggi. "Jadi dari pada berisiko lebih baik tak putar balik atau meyisir pulau-pulau kecil," imbuhnya.

SHARES
TAGS   Cuaca Buruk Batam
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar