Cuaca Cerah, Gapura & Warga Maori Semarakkan HUT RI di Negeri Kiwi

Cuaca Cerah, Gapura & Warga Maori Semarakkan HUT RI di Negeri Kiwi
Suasana Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di KBRI Wellington, Selandia Baru, Senin (17/8). Foto: KBRI Wellington

jpnn.com, WELLINGTON - Warga negara Indonesia di Selandia Baru (New Zealand) memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dengan menggelar upacara pengibaran Sang Dwiwarna, Senin (17/8).

Upacara pengibaran bendera tersebut digelar di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington. Duta Besar RI untuk New Zealand Tantowi Yahya memimpin langsung upacara dengan jumlah peserta terbatas itu.

Menurut Tantowi, perayaan HUT Kemerdekaan RI di Selandia Baru kali ini digelar secara sederhana. Pelaksanaan upacara yang dilanjutkan tasyakuran itu pun disertai penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Sesuai aturan dari pemerintah Selandia Baru, ada pembatasan 100 peserta yang mengikuti jalannya acara dengan menggunakan masker, mejaga jarak dan melakukan contact tracing,” ujar Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI Wellington.

Karena jumlah peserta upacara dan tasyakuran harus dibatasi, KBRI Wellington lantas menyiarkannya melalui YouTube. Dengan demikian warga negara Indonesia (WNI) di Selandia Baru yang tak bisa hadir langsung di KBRI Wellington tetap bisa mengikutinya secara virtual.

Cuaca Cerah, Gapura & Warga Maori Semarakkan HUT RI di Negeri Kiwi
Masyarakat Indonesia di Selandia Baru berpose bersama di depan gapura masuk KBRI Wellington, Senin (17/8). Foto: KBRI Wellington

Mantan pimpinan Komisi Pertahanan dan Luar Negeri DPR itu menjelaskan, cuaca Wellington sedang cerah dan tak berangin saat KBRI mengelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi. Biasanya, Agustus di Negeri Kiwi itu selalu dingin dan berangin.

"Menurut staf lokal KBRI di sini, baru kali ini selama 25 tahun upacara bendera dilaksanakan di bawah siraman matahari," ucap Tantowi.

Masyarakat Indonesia di Selandia Baru (New Zealand) memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dengan menggelar upacara pengibaran Sang Dwiwarna di KBRI Wellington.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News