Cuaca Hari Ini, BMKG Prediksi Hujan Lebat Terjadi di Sejumlah Wilayah, Hati-Hati

Cuaca Hari Ini, BMKG Prediksi Hujan Lebat Terjadi di Sejumlah Wilayah, Hati-Hati
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan cuaca di sejumlah wilayah pada hari ini, Rabu (30/8).

BMKG memprediksi akan terjadi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah.

Adapun hujan lebat berpeluang terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Hujan lebat dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Oleh karena itu, warga diimbau meningkatkan kewaspadaan jika hujan lebat turun dalam waktu lama.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan di atas 45 km per jam di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Selain itu, BMKG menyampaikan curah hujan rendah dan peningkatan suhu udara dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan atau lahan di beberapa daerah.

Menurut peringatan dini BMKG, kebakaran hutan dan lahan berpeluang terjadi di bagian wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News