Cuaca Panas, 60 Hektare Kebun Karet dan Sawit Hangus

Cuaca Panas, 60 Hektare Kebun Karet dan Sawit Hangus
Jilatan api membakar kebun sawit dan karet di Kenagarian Aie Amo, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, sekitar pukul 14.00, Senin (16/1). Foto: Hendri/Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sekitar 60 hektare kebun karet dan sawit milik warga Kenagarian Aie Amo, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, ludes terbakar sekitar pukul 14.00, Senin (16/1).

Dugaan sementara, api mulai merambat sejak pukul 10.00, dan terus membesar dan meluas akibat tiupan angin yang kencang.

Luasnya areal yang terbakar, api hampir mendekati areal permukiman warga sekitar.

Sehingga banyak warga yang berada di tepi perkebunan karet dan sawit tersebut siap siaga untuk antisipasi kemungkinan.

Informasi yang diperoleh dari Dinas Pol PP dan Damkar Sijunjung, api tersebut diketahui warga sekitar pada pukul 10.00. Awalnya warga sudah berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Akibat kencangnya tiupan angin, serta keringnya lahan akibat cuaca panas, membuat kobaran api semakin tak bisa dibendung, hingga meluas ke perkebunan di sekitar lokasi kejadian.

Kepala Bidang Damkar Dinas Pol PP dan Damkar Sijunjung, Veryantoni mengatakan pihaknya saat ini telah menerjunkan personel Damkar serta dua unit mobil pemadam kebakaran dibantu personel BPBD Sijunjung dan warga sekitar ke Lokasi kejadian.

“Diperkirakan sudah habis terbakar sekitar 60 hektare. Untuk antispasi kekurangan air kita juga siagakan satu unit mobil tangki milik BPBD Sijunjung,” ungkap Verry Antoni.

Sekitar 60 hektare kebun karet dan sawit milik warga Kenagarian Aie Amo, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, ludes terbakar sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News