Curah Hujan Tinggi, Warga Diimbau Waspada

Curah Hujan Tinggi, Warga Diimbau Waspada
Curah Hujan Tinggi, Warga Diimbau Waspada
WARGA Jakarta diimbau meningkatkan kewaspadaan dari ancaman banjir. Sebab, wilayah DKI Jakarta, Bogor dan Tangerang berpotensi hujan sepanjang Januari hingga Februari. Selama dua bulan tersebut potensi hujan diatas rata rata normal.

Hal tersebut, disampaikan Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kukuh Ribudiyanto. Menurut Kukuh, curah hujan bisa tinggi atau rendah dan sifat hujan tidak menentu, bisa terjadi kapan saja. "BMKG memprediksi bulan Januari dan Februari sebagai puncak musim hujan," ujar Kukuh, Senin (2/1).

Potensi curah hujan di Jakarta selama Januari diprediksi akan tinggi yakni di atas 400-500 mm. Potensi curah hujan yang lebih tinggi berada di wilayah Selatan dan Barat  Jakarta yakni Bogor dan Tangerang.

Sementara curah hujan pada Februari masih tetap tinggi, meskipun tidak sebesar bulan sebelumnnya. Musim penghujan sendiri diprediksi akan berakhir antara Maret hingga April. Potensi curah setiap hari bersifat fluktuatif di mana hujan lebat akan terjadi selama 1-2 jam, sedangkan hujan ringan dapat bertahan hingga 6 jam. "Untuk tiga hari ke depan kondisi hujan berpotensi lebat di tiga wilayah tersebut," katanya.

WARGA Jakarta diimbau meningkatkan kewaspadaan dari ancaman banjir. Sebab, wilayah DKI Jakarta, Bogor dan Tangerang berpotensi hujan sepanjang Januari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News