Customs Visit Customers, Sarana Bea Cukai Eratkan Hubungan dengan Stakeholders

Customs Visit Customers, Sarana Bea Cukai Eratkan Hubungan dengan Stakeholders
Bea Cukai berupaya memfasilitasi dan mengasistensi para pelaku usaha dalam negeri, salah satunya lewat program Customs Visit Customers (CVC). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berupaya memfasilitasi dan mengasistensi para pelaku usaha dalam negeri, salah satunya lewat program Customs Visit Customers (CVC).

Program yang telah dilakukan secara rutin oleh Bea Cukai di berbagai daerah merupakan kegiatan untuk mendekatkan Bea Cukai dengan para stakeholders sekaligus sebagai sarana monitoring kepatuhan mereka.

Bea Cukai Teluk Bayur melakukan kegiatan CVC ke PT Jatim Propertindo Jaya yang merupakan perusahaan yang focus pada ekspor cangkang palm kernel shell yang merupakan limbah crude palm oil dan banyak digunakan sebagai pengganti batu bara.

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I Bea Cukai Teluk Bayur dalam kesempatan menyampaikan bahwa akibat pandemi jumlah ekspor menjadi berkurang.

"Selain itu bea keluar yang cukup tinggi dirasa cukup membebani perusahaan,” ungkap Bayu Sulistiantoro,

Di wilayah Banten, Bea Cukai Tangerang melakukan kegiatan CVC ke PT Multi Bintang Indonesia dan PT Panjang Jiwo yang merupakan perusahaan yang memproduksi minuman beralkohol.

Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo mengungkapkan, kegiatan CVC ini merupakan sarana pembinaan serta untuk menampung masukan dan saran dari para stakeholders.

Berdasarkan data penerimaan Bea Cukai Tangerang, sebesar 43 persen penerimaan cukai merupakan kontribusi dari PT Multi Bintang Indonesia. Sedangkan penerimaan Cukai dari PT Panjang Jiwo terus mengalami tren positif dari awal tahun hingga mencapai sekitar Rp 120 miliar.

Bea Cukai berupaya memfasilitasi dan mengasistensi para pelaku usaha dalam negeri, salah satunya lewat program Customs Visit Customers (CVC).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News