Daerah-Daerah Ini Rawan Dilanda Hujan dan Gelombang Tinggi

Daerah-Daerah Ini Rawan Dilanda Hujan dan Gelombang Tinggi
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Kondisi cuaca di sebagian wilayah Indonesia masih kurang bersahabat dalam beberapa hari ke depan. Baik itu hujan dengan intensitas sedang dan ringan, maupun gelombang laut yang masih cukup tinggi.

Menurut Kepala Bidang Ekologi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agus Wahyu, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi masih terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Jawa, Bali, Lampung dan Sumatera Barat.

‎"Hujan ringan dan sedang juga masih bakal terjadi hingga besok (Selasa,red) untuk wilayah Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku Utara serta Papua Barat juga akan masih akan terjadi," ujar Agus, Senin (4/7).

Selain hujan, gelombang laut pada sebagian wilayah Indonesia kata Agus, juga diprediksi masih bakal terjadi. Meski diperkirakan tak setinggi gelombang yang terjadi awal Juni lalu, namun masyarakat dan pihak berkepentingan lain tetap perlu diwaspadai.

"Gelombang di selatan masih tinggi meskipun tidak setinggi awal bulan Juni kemarin, paling sekitar dua meter. Di utara ada kecendrungan naik juga, ketinggian gelombang ada pengaruh angin timuran di utara Jawa, di Maluku juga tinggi gelombang relatif tinggi," ujar Agus.

Saat ditanya apakah tingginya gelombang cukup berbahaya bagi pelayaran, Agus menyatakan sampai saat ini belum ada tanda-tanda tersebut. Meski demikian kewaspadaan perlu ditingkatkan.

Karena bagi kapal besar, mungkin tinggi gelombang hingga dua meter tidak masalah. Namun bagi kapal-kapal kecil, tentu akan sangat berpengaruh.

"Tapi untuk penyebarangan Merak-Bakauheni dan Selat Bali sampai saat ini masih aman. Masih dapat dilalui dengan baik," ujar Agus.(gir/jpnn)


JAKARTA - Kondisi cuaca di sebagian wilayah Indonesia masih kurang bersahabat dalam beberapa hari ke depan. Baik itu hujan dengan intensitas sedang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News