Daerah Diminta Tiru Bogor dan Kulonprogo

Pendidikan Anak Usia Dini

Daerah Diminta Tiru Bogor dan Kulonprogo
Daerah Diminta Tiru Bogor dan Kulonprogo
JAKARTA – Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) meminta kepada setiap daerah untuk menerapkan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Holistik Integratif, seperti yang diterapkan di Bogor dan Kulonprogo. Program ini dinilai lebih baik ketimbang program Paud biasanya, karena mengintegrasikan kesehatan dan gizi anak didik.

“Tahun ini kita baru memulainya. Tapi, berdasarkan laporan sementara, program tersebut sudah mulai bagus. Semua pihak yang terkait sangat mendukung,” kata Direktur Paud Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Depdiknas Sudjarwo di Jakarta, Selasa (24/11).

Menurutnya, tahun depan Depdiknas belum akan melakukan pengembangan program tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan ada penambahan daerah. Sudjarwo berharap, kabupaten dan kota lainnya memulai sendiri program Paud Holistik Integratif tersebut. Jangan hanya menunggu program dari pemerintah pusat. “Depdiknas siap memberikan model program. Petunjuk teknis dan pembimbing juga akan disiapkan,” terangnya.

Dikatakan Sudjarwo, program Paud ini tidak seperti Paud biasanya, karena melibatkan banyak pihak, seperti Departemen Sosial, Departemen Kesehatan, dan Departemen Agama. Depdiknas berperan untuk mengkoordinasi setiap pihak yang terlibat. “Kesehatan gizi berhubungan dengan Departemen Kesehatan, penghasilan berhubungan dengan Departemen Sosial, dan iman dan taqwa berhubungan dengan Departemen Agama,” katanya.

JAKARTA – Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) meminta kepada setiap daerah untuk menerapkan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Holistik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News