Daerah Ini Siapkan 2.885 Lokasi Salad Ied

Daerah Ini Siapkan 2.885 Lokasi Salad Ied
Ilustrasi Salat Ied. Foto:Daily Star/Tucson.com

jpnn.com - BENGKULU – Pelaksanaan salat Idul Fitri 1437 Hijriah tahun 2016 di Bengkulu dilakukan serentak pada Rabu (6/7) pagi ini. Sedikitnya 2.885 titik lokasi salat id yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

Rinciannya, Kota Bengkulu mencapai 436 lokasi, Bengkulu Selatan 295 lokasi,  Rejang Lebong 251 lokasi, Seluma 351 lokasi, Kaur 249 lokasi, Mukomuko 297 lokasi, Kepahiang 177 lokasi, Lebong 118 lokasi dan Bengkulu Tengah 189 lokasi. Pelaksanaan salat Id selain di masjid juga di tanah lapang.

Kepala Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Herman Yatim, MM mengatakan lokasi salat Idul Fitri tahun ini disebarkan di sekitar 1.453 desa dan kelurahan di 10 kabupaten/kota. 

‘’Seluruh masjid sudah siap untuk dijadikan tempat salat id besok (hari ini, red). Kita juga sudah memantau dan melakukan koordinasi ke kabupaten/kota. Bahkan beberapa lokasi lebih banyak melaksanakan salat id di lapangan terbuka. Tujuanya tidak lain untuk lebih memberikan keleluasaan para umat muslim melaksanakan salat,’’ kata Herman Yatim, seperti dikutip dari Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group), Selasa (5/7).

Dikatakan Herman Yatim, selain lokasi ibadah, juga untuk imam dan khatib pada salat Idul Fitri di setiap lokasi itu juga sudah ditetapkan. Bahkan masing-masing tempat ibadah sudah dibentuk panitia khusus. Baik yang menangani persiapan tempat salat maupun panitia penerima zakat fitrah dari masyarakat.

‘’Alhamdulillah Idul Fitri tahun ini serentak yang diawali puasa juga serentak. Ini tentu membuat pelaksanaan Idul Fitri semakin meriah. Umat muslim merayakan kemenangan pasca berpuasa selama 30 hari penuh di bulan Ramadan. Ditambah lagi libur panjang, sehingga masyarakat yang selama ini dari perantauan pulang diprediksi akan tumpah ruah melaksanakan salat id,’’ terang Herman Yatim.

Herman juga menerangkan tahun ini potensi zakat fitrah diprediksi mencapai 7,5 miliar. Peluang meningkatnya zakat fitrah tahun ini cukup besar. Terutama  dari kalangan PNS. Yakni menerima gaji ke-13 dan ke-14 yang jumlahnya besar. Ditambah lagi kesadaran masyarakat membayar zakat saat ini cukup tinggi. Di tahun 2015 lalu zakat terkumpul se Provinsi Bengkulu dalam bentuk uang mencapai Rp 7,3 miliar dan beras sebanyak 876 ton. 

Tahun ini diprediksi akan meningkat. Ditambah lagi beberapa kabupaten sudah musim panen. Besaranya juga tidak begitu memberatkan sebanyak 10 canting beras sesuai yang dimakan sehari-hari atau uang dibagi tiga kategori yakni kelas bawah Rp 22 ribu,  kelas menengah Rp 25 ribu dan kelas atas Rp 33 ribu.

BENGKULU – Pelaksanaan salat Idul Fitri 1437 Hijriah tahun 2016 di Bengkulu dilakukan serentak pada Rabu (6/7) pagi ini. Sedikitnya 2.885 titik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News