Daerah Keluhkan Akurasi Data Siswa Miskin

Daerah Keluhkan Akurasi Data Siswa Miskin
Daerah Keluhkan Akurasi Data Siswa Miskin
DEPOK - Adanya rencana pemerintah untuk memberikan Bantuan Siswa Miskin (BSM) kepada seluruh siswa miskin di Indonesia, ternyata tak dibarengi dengan data akurat. Hal ini pula yang menjadi kendala daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Papua, James Modouw, mengatakan, keakuratan data dari kabupaten/kota di Papua terkadang meleset kondisi sebenarnya.  Akibatnya, Pemprov Papua pun sering melakukan verifikasi terhadap data yang masuk.

"Kami minta kabupaten kirim data dan lakukan verifikasi. Lantas, kami hitung dan cek data ulang lalu kami kirim ke Kementerian untuk dimasukkan program. Tapi kami rasakan kuota selalu tidak mencukupi. Paling hanya 50 persen siswa miskin yang memperoleh BSM dari seluruh jumlah total siswa miskin di Papua," ungkap James di acara Rembuk Nasional Pendidikan Nasional dan Kebudayaan di Sawangan, Depok, Selasa (28/2).

Keluhan serupa juga disampaikan Sekretaris Disdikpora NTT, Yohanes Mau. Menurutnya, pihaknya sering terkendala dalam memverifikasi data siswa miskin.

DEPOK - Adanya rencana pemerintah untuk memberikan Bantuan Siswa Miskin (BSM) kepada seluruh siswa miskin di Indonesia, ternyata tak dibarengi dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News