Daerah Mulai Mengadu ke Panja Mafia Pemilu

Daerah Mulai Mengadu ke Panja Mafia Pemilu
Daerah Mulai Mengadu ke Panja Mafia Pemilu
WAKIL Ketua Panja Mafia Pemilu Ganjar Pranowo menyatakan, penyelidikan dugaan surat palsu penetapan kursi DPR ternyata memunculkan reaksi publik. Sejumlah pihak dari daerah mendatangi dirinya untuk mengadukan dugaan praktek permainan dalam penetapkan kursi di daerah pemilihan lain.

"Setidaknya saya kemarin setelah didatangi dari Jatim, ada dari Wakatobi (Sulawesi Tenggara, red)," kata Ganjar kemarin.

Mereka menyatakan, terjadi keganjilan saat proses pemilu dengan komposisi dapil. Saat pemungutan suara dilakukan, tiba tiba terjadi perubahan dapil tanpa sepengetahuan mereka. "Mereka ini tidak menggugat," kata Ganjar. Namun, belum dijelaskan lebih lanjut seperti apa perubahan dapil yang dimaksud.

Laporan dari daerah ini, kata Ganjar nantinya bisa dibahas untuk mengetahui, apakah ada indikasi mafia pemilu di dalamnya atau tidak. Ganjar menilai, mafia pemilu dalam penetapan kursi anggota dewan bisa jadi marak, jika laporan-laporan daerah itu juga terbukti. "Kalau hanya sekali mungkin itu kesalahan. Tapi kalau banyak dan di beberapa tempat berarti terpola," duganya.

WAKIL Ketua Panja Mafia Pemilu Ganjar Pranowo menyatakan, penyelidikan dugaan surat palsu penetapan kursi DPR ternyata memunculkan reaksi publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News