Daftar Capres, Jokowi Absen di Acara Peringatan Hakteknas

Daftar Capres, Jokowi Absen di Acara Peringatan Hakteknas
Menteri Nasir, Presiden ketiga BJ Habibie, dan Gubernur Riau saat membuka secara resmi Hakteknas ke-23. Foto: Humas Kemenristek

jpnn.com, JAKARTA - Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Haktenas) ke-23 di Riau berlangsung meriah.

Hadir sebagai tamu kehormatan Presiden Republik Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie yang juga dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia.

Sedangkan Presiden Joko Widodo absen karena harus mendaftar di KPU sebagai capres di Pilpres 2019.

"Saya sampaikan permintaan maaf bapak presiden tidak bisa hadir di puncak Hakteknas 23. Saya sudah menghubungi beliau 5 Agustus tapi beliau bilang tidak bisa hadir karena puncak acaranya bertepatan dengan pendaftaran capres/cawapres," ungkap Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat membuka puncak Haktenas ke-23 di Pekanbaru, Jumat (10/8).

Karena tidak bisa hadir, Jokowi mendelegasikan kepada Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Namun, Puan harus meninjau korban bencana Lombok sehingga diwakilkan kepada Menteri Nasir.

Menteri Nasir mengatakan, kesiapan Indonesia memasuki era industri 4.0 sangat tergantung kepada kemampuan sumber daya manusia dalam menguasai dan memanfaatkan Iptek dan Inovasi.

"Untuk menata proses transformasi struktur ekonomi kita ke arah industri berteknologi tinggi hingga mencapai creative innovation maka kunci utamanya adalah berinovasi," tegas Menteri Nasir.

Presiden Joko Widodo hari ini mendaftarkan diri sebagai capres ke KPU sehingga tidak menghadiri kegiatan Puncak Peringatan Hakteknas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News