Daftar Desa BRILian Terbaik yang Bakal Bersaing di Nugraha Karya 2023

Daftar Desa BRILian Terbaik yang Bakal Bersaing di Nugraha Karya 2023
Tahun ini, sekitar 1.000 desa telah menempuh pelatihan pemberdayaan dalam program New Desa BRILian 2023. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyatakan bahwa program inkubasi desa itu bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang berlangsung hingga Oktober 2023.

"Tahun ini, sekitar 1.000 desa telah menempuh pelatihan pemberdayaan dalam program New Desa BRILian 2023 yang terdiri dari 3 batch," ujar Catur dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat (27/10).

Catur menjelaskan pada masing-masing batch, desa yang tergabung menempuh pelatihan selama kurang lebih 2 bulan dan mengikuti 11 kali kelas online dengan pembahasan topik seputar Leadership & Penguasaan Kompetensi, Kelembagaan Desa & BUMDes, Entrepreneurship, Inovasi Desa, Digitalisasi Desa, Teknik Komunikasi, dan materi tematik sesuai kebutuhan desa.

"Dengan berakhirnya batch 3 pada pertengahan Oktober kemarin, lengkap sudah daftar 40 desa terbaik pada masing-masing batch yang dipilih BRI," ujar Catur.

Tak sampai di sana, 15 desa tersebut juga otomatis masuk menjadi nominasi Desa BRILian terbaik dalam Malam Nugraha Karya 2023 yang akan digelar di Jakarta pada penghujung tahun mendatang.

Nantinya, akan terpilih 5 juara sebagai desa yang memiliki inovasi brilian dalam menggerakan perekonomian, penilaian tersebut akan melalui sederet proses seleksi yang ketat.

Malam Nugraha Karya Desa BRILian sendiri merupakan bentuk apresiasi BRI bagi desa-desa yang aktif bergerak memajukan desanya melalui program Desa BRILian.
Desa-desa yang tergabung dalam program Desa BRILian diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya," kata Catur.(jpnn)

Berikut daftar desa BRILian 2023:

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyatakan bahwa program inkubasi desa itu bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News