Kolaborasi Empat Kementerian Gelar Pelatihan untuk Aparatur Desa di Palembang

Kolaborasi Empat Kementerian Gelar Pelatihan untuk Aparatur Desa di Palembang
Progam Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Palembang. Foto: dok. Kemendagri

jpnn.com, PALEMBANG - Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) merupakan program pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

P3PD dilaksanakan oleh empat kementerian dan Lembaga, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa Program P3PD tahun 2023.

Dari target 8 angkatan pelatihan, provinsi Sumatera Selatan telah melaksanakan 6 angkatan pelatihan.

Angkatan ke-6 dimulai 24-26 Oktober 2023 di 6 hotel yang berbeda, Hotel Zuri, Hotel Santika, Hotel Beston, Hotel The ALTS, Hotel Fave dan Hotel Sintesa Peninsula.

Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Selatan (Bapak Dr. H.M. Senen HAR) pada Rabu, 25 Oktober 2023 yang dipusatkan di Hotel Zuri Palembang, sedangkan peserta di hotel lain ikut acara pembukaan secara online (zoom meeting).

Turut hadir dalam acara pembukaan, Perwakilan dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Andi Manulang dan Koordinator Provinsi Regional Management Consultan-6 P3PD Sumatera Selatan Ernila Rizar beserta tim.

“Pelatihan Angkatan ke-6 ini diikuti 176 desa, dengan jumlah peserta 704 orang, yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, BPD, dan unsur LKD Desa” Ungkap  Ernila dalam laporannya.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas aparatur desa dalam rangka mewujudkan desa maju dan mandiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News