JPNN.com

Daftar Nama 15 Peneliti Terbaik Indonesia

Jumat, 29 Mei 2020 – 12:21 WIB Daftar Nama 15 Peneliti Terbaik Indonesia - JPNN.com
Menteri Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Riset Teknologi (Kemenristek) atau Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) mengumumkan 500 besar peneliti berkinerja terbaik berdasarkan jumlah artikel yang dipublikasikan di SINTA (Science and Technology Index) dan jurnal-jurnal terindeks di Scopus dan Google Scholar.

Ini merupakan capaian selama tiga tahun terakhir sejak 2017 hingga 2019 dari 194 ribu lebih peneliti dan dosen yang telah terdaftar dalam database SINTA.

"Ada 500 peneliti terbaru tetapi yang saya umumkan 15 terbaik saja," kata Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro saat pengumuman 500 peneliti terbaik Indonesia berdasarkan SINTA Series 2020 secara daring, Kamis (28/5) sore.

Dia mendorong peneliti serta institusi penelitian dan perguruan tinggi untuk terus meningkatkan publikasi ilmiahnya di jurnal internasional dan nasional.

“Kami harapkan universitas dan lembaga penelitian bisa lebih memperbanyak staf pengajarnya atau staf penelitinya untuk bisa menghiasi ranking yang tertinggi dari SINTA," ucapnya.

Bagi yang namanya atau institusinya belum masuk 500 besar, Bambang berharap ini akan menjadi motivasi untuk semakin menguatkan fondasi dari universitas riset yang dikembangkan di masing-masing perguruan tinggi.

Dan, yang lebih penting juga untuk memperbanyak jumlah peneliti dan inovator yang berkualitas.

Berikut 15 nama peneliti terbaik.
Pertama, Suharyo Sumowidagdo dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan skor 9.178.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo