Daftar Nama 17 Dubes RI Dilantik Jokowi Hari Ini, Jangan Hanya Fokus yang Pertama, ya

Daftar Nama 17 Dubes RI Dilantik Jokowi Hari Ini, Jangan Hanya Fokus yang Pertama, ya
Presiden Jokowi melantik 17 Dubes RI. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik 17 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) untuk sejumlah negara sahabat.

Mereka dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10), dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Pengangkatan para dubes LBBP RI ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 127/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Surat Keputusan tertanggal 22 Oktober 2021 itu dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengambil sumpah bagi para dubes yang dilantik pada hari ini.

“Saya bersumpah atau berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar presiden saat mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada para duta besar.

Acara pelantikan tersebut digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Para duta besar yang dilantik tersebut sebelumnya juga telah mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Acara pelantikan kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, kemudian diikuti oleh tamu undangan terbatas.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut antara lain Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Berikut ini nama 17 dubes LBBP RI yang dilantik Presiden Jokowi hari ini:

1. Mochamad Fadjroel Rachman, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, berkedudukan di Nur Sultan;

2. Abdul Aziz Ahmad, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Arab Saudi, berkedudukan di Riyadh;

3. Dewi Gustina Tobing, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka merangkap Republik Maladewa, berkedudukan di Kolombo;

4. Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Yunani, berkedudukan di Athena;

Berikut daftar nama 17 Dubes RI yang dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada hari ini, ada yang Anda kenal?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News