Dahlan Ingin Banjiri Pasar Tiongkok dengan Buah Tropis Indonesia

Dahlan Ingin Banjiri Pasar Tiongkok dengan Buah Tropis Indonesia
Dahlan Ingin Banjiri Pasar Tiongkok dengan Buah Tropis Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, Indonesia harus mencari komoditas ekspor yang sulit diproduksi oleh negara lain agar mampu bersaing di era pasar bebas. Salah satu komoditas tersebut adalah buah-buahan tropis.

Menurutnya, negara seperti Tiongkok dapat menjadi pasar yang sangat besar untuk buah-buahan tropis. Pasalnya, buah tropis tidak bisa tumbuh di wilayah mereka.

"Kita jangan bersaing dengan Tiongkok, tapi cari apa yang tidak ada di sana. Misalnya buah tropis, itu tidak ada di sana," ujar Dahlan saat berbicara di forum Seminar Dewan Guru Besar UI bertajuk "Indonesia Menjawab Tantangan Kepemimpinan Menjadi Bangsa Pemenang" di kampus Fakultas Kedokteran UI Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (27/11).

Namun sayang, lanjut Dahlan, selama ini sektor buah-buahan sepi peminat sehingga produksinya minim. Bahkan Indonesia harus mengimpor buah tropis dari negara lain. Impor buah-buahan ini tentu menjadi ironis bagi Indonesia yang notabene negara tropis.

Untuk itu Dahlan telah menginstruksikan PTPN VIII untuk merintis produksi masal buah-buahan tropis.

"Saya sudah mulai tanam ribuan hektar di Jawa Barat, kedepannya akan dikembangkan di wilayah-wilayah lain  supaya produksinya cukup terus sepanjang tahun," paparnya.

Hasil dari usaha tersebut sudah bisa dinikmati dalam waktu dekat. Minggu depan, Dahlan akan meresmikan pengiriman pertama ekspor buah-buahan hasil kebun milik PTPN VIII.

Bakal calon presiden dari Partai Demokrat ini optimis, ke depannya buah tropis asal Indonesia bisa membanjiri pasar-pasar di Tiongkok.

JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, Indonesia harus mencari komoditas ekspor yang sulit diproduksi oleh negara lain agar mampu bersaing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News