Dahulukan Kepentingan Rakyat, Hamas dan Israel Sepakati Gencatan Senjata

Dahulukan Kepentingan Rakyat, Hamas dan Israel Sepakati Gencatan Senjata
Gaza. Foto: Reuters

jpnn.com, GAZA - Hamas dan Israel sepakat menghentikan baku tembak di sepanjang wilayah perbatasan Gaza. Berdasarkan kesepakatan yang dimediasi oleh utusan Qatar, Hamas akan mengakhiri peluncuran balon peledak. Sementara itu, Israel juga akan menghentikan serangan udara.

COGAT, badan penghubung Israel untuk wilayah Palestina, mengonfirmasi bahwa setelah melakukan konsultasi keamanan yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Benny Gantz, penyeberangan barang utama Gaza akan kembali dibuka dan para nelayan akan diperbolehkan kembali melaut, hingga sejauh 15 mil.

Hamas mengatakan bahwa kesepakatan itu memudahkan jalan untuk pengerjaan sejumlah proyek yang akan melayani rakyat Gaza, sekaligus meringankan beban di tengah gelombang pandemi.

Rakyat Palestina dan kelompok kemanusiaan mendesak agar blokade yang dilakukan Israel di Gaza dilonggarkan, lantaran khawatir bakal lebih banyak kesulitan setelah wabah COVID-19 pertama.

Israel mengatakan blokade tersebut diperlukan terkait kekhawatiran keamanan atas Hamas, yang dianggap sebagai organisasi teroris. (ant/dil/jpnn)

Konflik yang kembali pecah di wilayah Gaza sejak beberapa pekan lalu, menambah penderitaan warga di tengah pandemi corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News