Daihatsu Rocky Bakal Gunakan Transmisi CVT

Daihatsu Rocky Bakal Gunakan Transmisi CVT
Daihatsu Rocky. Foto: Daihatsu

jpnn.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali memperkenalkan teknologi terbaru yang akan disematkan pada Rocky.

Meski belum bisa dipastikan kapan meluncur di Indonesia, Daihatsu terus memberikan informasi mengenai SUV terbarunya itu.

Setelah sebelumnya mengulas platform DNGA, kini Daihatsu memperkenalkan sistem transmisi continuously variable transmission atau dikenal dengan CVT.

Daihatsu Rocky memang bukan menjadi model pertama yang dipasarkan menggunakan transmisi CVT. Sebelumnya, Copen juga menyematkan teknologi serupa.

Dalam keterangan resmi Daihatsu, Selasa (16/3), Daihatus menjelaskan bila sistem CVT memiliki sedikit perbedaan sedikit dengan transmisi 4 AT.

Jika otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi itu tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan.

Hal itu tentu membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali memperkenalkan teknologi terbaru yang akan disematkan pada Rocky.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News