DAK 2012 Boleh Dihabiskan untuk Rehab Sekolah

DAK 2012 Boleh Dihabiskan untuk Rehab Sekolah
DAK 2012 Boleh Dihabiskan untuk Rehab Sekolah
JAKARTA - Penyaluran dana alokasi khusus (DAK) Bidang Pendidikan di tahun 2012 mendatang akan difokuskan khusus untuk rehabilitasi sekolah. Untuk proyek rehabilitasi sekolah ini dilakukan mekanisme yang berbeda dengan mekanisme 2011.

“Tahun sebelumnya, pemerintah menetapkan untuk menggunakan mekanisme tender. Namun untuk  tahun 2012 diubah dengan menggunakan mekanisme hibah langsung ke sekolah,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kepada JPNN di Jakarta, Minggu (18/16).

Dijelaskan, penetapan penggunaan DAK tahun 2011 adalah 60 persen untuk rehabilitasi sekolah dan 40 persen untuk peningkatan mutu yakni pembelian perlengkapan laboratorium atau perpustakaan.  Sedangkan untuk tahun 2012, DAK bisa digunakan hingga 100 persen untuk rehabilitasi sekolah.

“Kalau dulu kan kita pakai perbandingkan 60 persen : 40 persen. Sekarang mau dihabiskan sampai 80 persen atau 100 persen untuk rehabilitasi sekolah tidak apa-apa. Karena pemerintah memang sekarang ini lebih menggalakkan untuk perbaikan gedung dan ruang kelas sekolah,” jelasnya.

JAKARTA - Penyaluran dana alokasi khusus (DAK) Bidang Pendidikan di tahun 2012 mendatang akan difokuskan khusus untuk rehabilitasi sekolah. Untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News