Dambakan Kesejahteraan, Mahasiswa Papua Tuntut RUU DOB Segera Disahkan

Dambakan Kesejahteraan, Mahasiswa Papua Tuntut RUU DOB Segera Disahkan
Dambakan Kesejahteraan, Mahasiswa Papua Tuntut RUU DOB Segera Disahkan

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 200 mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Papua untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Jabodetabek berunjuk rasa di dua titik di Jakarta, Kamis (23/6). Mereka mendesak RUU DOB segera disahkan.

Unjuk rasa digelar di area Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada pukul 10.30-12.00 WIB dan di Gedung DPR/MPR-RI, Senayan, Jakarta, pukul 12.30-14.00 WIB.

Massa orang asli Papua (OAP) itu berdatangan dari sejumlah Jabodetabek, Bandung, dan beberapa daerah lain di Jawa Barat.

Koordinator aksi Charles Kossay mengatakan, pengesahan RUU DOB harus dilakukan secepat mungkin, agar masyarakat Papua dapat merasakan kesejahteraan seperti provinsi lain di Indonesia.

“Pemekaran DOB akan meletakkan kesejahteraan tanah Papua dan OAP sejajar dengan saudara-saudaranya di provinsi lain,” ujar Charles.

Menurutnya, pemekaran akan memperpendek jalur logistik di Tanah Papua yang secara geografis penuh dengan tantangan alam, sehingga pemenuhan logistik dapat dilakukan dengan cepat, efektif, efisien, dan murah.

Selain itu dapat memperpendek tali komando administrasi, sehingga pelayanan masyarakat dapat dilakukan dengan cepat, terutama di daerah-daerah terpencil.

“Pemekaran ini akan memeratakan hasil pembangunan, yang selama ini praktis hanya dinikmati oleh para penduduk OAP yang berada di perkotaan, yang infrastrukturnya telah terbangun,” urai dia.

Koordinator aksi Charles Kossay mengatakan, pengesahan RUU DOB harus dilakukan secepat mungkin, agar masyarakat Papua dapat merasakan kesejahteraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News