Dampak Krisis AS Kecil

Dampak Krisis AS Kecil
Dampak Krisis AS Kecil
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, dampak krisis yang tengah melanda Amerika Serikar (AS) dan Eropa tentu bakal merembet ke Indonesia, namun kata dia pengaruhnya relatif kecil. Menurut JK, sektor investasi maupun ekspor bakal turun mengikuti kondisi global yang kini yang tengah dilanda kepanikan lantaran krisis itu. "Ancaman krisis pasti ada pengaruhnya bagi Indonesia, tapi tak besar," kata dia di Jakarta, Selasa (9/8).

Krisis utang yang dialami negara adidaya maupun Eropa diperkirakan turut mengoreksi harga-harga komoditas dunia. "Yang pasti ekspor dan investasi akan turun, harga komoditi turun dan bunga akan naik. Tetapi dampaknya tidak sebesar di negara industri," jelas Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Seperti diketahui, penurunan rating utang pemerintah AS oleh S&P dari AAA menjadi AA+ membuat bursa efek global berjatuhan. Indeks harga saham gabungan (IHSG) juga terpangkas. Penurunan parah juga terjadi pada Jumat, 5 Agustus 2011 yang anjlok 200,44 poin atau 4,86 persen di level 3.921,64.

AS telah mencetak rekor utang, setelah Kongres dan Senat menyetujui kenaikan batas utang AS. Saat ini utang AS tercatat sebesar USD 14,5 triliun atau 100 persen PDB. Hal ini yang memicu kepanikan global khususnya pasar-pasar saham dunia yang merespons negatif kondisi tersebut.

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, dampak krisis yang tengah melanda Amerika Serikar (AS) dan Eropa tentu bakal merembet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News