Dampak Pandemi, Tren Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Mulai Membaik

Dampak Pandemi, Tren Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Mulai Membaik
Imbas corona terhadap perekonomian. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemulihan perekonomian Indonesia pasca-terdampak pandemi tumbuh positif sejak triwulan III tahun ini.

Tren ini diprediksi akan terus meningkat secara signifikan pada beberapa waktu ke depan.

"(Perekonomian Indonesia-red) kini mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan secara nyata. Sudah menunjukkan perbaikan dalam beberapa bulan belakangan ini," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu dalam diskusi FMB9 bertajuk Reformasi dan transformasi Ekonomi secara virtual.

Lima indikator pertumbuhan perekonomian dalam negeri yang merangkak naik antara lain konsumsi rumah tangga dari minus 5,5 persen pada triwulan kedua beranjak ke minus 4 persen.

Belanja pemerintah yang pada triwulan lalu minus 6,9 persen kini tumbuh positif mencapai 9,8 persen, investasi dari triwulan lalu minus 8,6 persen saat ini tumbuh menjadi minus 6,5 persen.

"Ekspor dari minus 11,7 persen pada triwulan lalu kini merangkak naik sebesar 10,8 persen, dan terakhir impor dari minus 17 persen menjadi minus 11,9 persen," kata Febrio.

Tumbuhnya perekonomian Indonesia saat ini, karena pemerintah telah melakukan berbagai upaya kebijakan stimulus fiskal yang berkaitan pemulihan perekonomian dalam beberapa waktu ke depan.

Setiap kebijakan ini, rupanya sangat berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian bangsa di tengah pandemi.

Tren pemulihan ekonomi ini diprediksi akan terus meningkat secara signifikan pada beberapa waktu ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News