Dampak Siklon Tropis Masih Ancam Sejumlah Daerah

Dampak Siklon Tropis Masih Ancam Sejumlah Daerah
Dampak Siklon Tropis Masih Ancam Sejumlah Daerah
JAKARTA - Pusat dua siklon tropis, yakni siklon tropis Tembin dan siklon tropis Bolaven, kemarin (27/8) posisinya sudah mulai bergeser, menjauh dari kawasan Indonesia. Untuk siklon Tembin posisinya sudah bergeser mendekati daratan Cina bagian Tenggara. Sedang siklon Bolaven berada di sebelah barat daya atau selatan Jepang.

Tiga hari lalu, siklon Bolaven yang memicu banjir di Medan dan banjir bandang di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu malam (25/8), posisinya masih berada di sebelah barat Filipina.

Hanya saja, menurut Kepala Pusat Informasi Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Prabowo Mulyono, potensi adanya efek tidak langsung dua siklon tropis itu masih mengancam sejumlah wilayah di Indonesia.

"Siklon tropis itu seperti koma, ada buntutnya, ekornya tetap bisa mencapai Indonesia. Dampaknya bisa sampai Sumatera tengah. Efek tak langsung siklon Bolaven masih menyebabkan awan hujan di Indonesia bagian utara, seperti Aceh, Sumut, Kalbar bagian utara, Kaltim, Sulwesi bagian utara. Dalam dua-tiga ke depan baru mereda," ujar Prabowo Mulyono kepada JPNN, kemarin.

JAKARTA - Pusat dua siklon tropis, yakni siklon tropis Tembin dan siklon tropis Bolaven, kemarin (27/8) posisinya sudah mulai bergeser, menjauh dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News