Dampingi Jokowi, PDIP Harus Cari Sosok Proklamator Hatta di Golkar

Dampingi Jokowi, PDIP Harus Cari Sosok Proklamator Hatta di Golkar
Dampingi Jokowi, PDIP Harus Cari Sosok Proklamator Hatta di Golkar
JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute for Transformation Studies, Andi Saiful Haq mengatakan PDIP harus mencari sosok yang pas untuk mendampingi Joko Widodo untuk diusung sebagai pasangan calon pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Menurutnya, keputusan itu harus dilakukan untuk terjadinya koalisi usai Pemilihan Legislatif (Pileg).

Saiful menyatakan calon pendamping yang pas Jokowi adalah tokoh dari Golkar. Kata dia, ketokohannya harus berkarakter seperti Proklamator Muhammad Hatta yang mendampingi Soekarno yang menjadi pasangan ideal dalam politik nasional. Soekarno-Hatta mewakili rakyat yang multi etnis dan suku.

"Sementara Hatta non-Jawa, diplomasi luar negerinya sangat kuat, disegani karena inteletualitasnya, dan juga orang yang sangat humanis. Mungkin figur Bung Hatta inilah yang harus ditemukan," kata Saiful di Jakarta, Sabtu (29/6).

Pernyataan Saiful ini berhubungan dengan pemetaan terhadap pemenang Pileg 2014. Kata dia, berdasarkan hasil dari sejumlah lembaga survei, PDIP, Golkar, Gerindra, dan Demokrat diyakini akan masuk empat besar partai pemenang Pemilihan Umum 2014 mendatang. Sebanyak sekitar 50 sampai 65 persen suara pemilih akan dikuasai dan dibagi oleh keempat dari 12 partai peserta Pemilu.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute for Transformation Studies, Andi Saiful Haq mengatakan PDIP harus mencari sosok yang pas untuk mendampingi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News