Damri Buka Trayek Silangit ke Kawasan Wisata Danau Toba

Damri Buka Trayek Silangit ke Kawasan Wisata Danau Toba
Seorang warga memperhatikan bus Damri dari Kemenhub, belum lama ini. Foto: triadi wibowo/sumut pos

jpnn.com, MEDAN - Perum Damri Cabang Medan akan membuka trayek baru dari Bandara Internasional Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara (Taput), Sumut, ke sejumlah di kawasan wisatan Danau Toba mulai Desember 2018.

“Damri akan menjadi shuttle bus dalam pengelolaan pariwisata Danau Toba. Karena Pak Menpar menargetkan 1 juta wisatawan ke Danau Toba tahun 2019. Sebelum Natal, Damri sudah beroperasi. Sekarang masih sedang on proses,” ucap General Manajer Damri Cabang Medan, Ahmad S kepada wartawan di Medan, Kamis (29/11).Damri akan menerjunkan 9 unit bus untuk trayek dari Bandara Silangit.

Rinciannya, 7 unit bus yang beroperasi, dan 2 unit bus cadangan. Damri akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membangun halte Bus Damri. “Kita akan buat halte dan ditata tidak macet,” tutur Ahmad.

Rute Damri antara lain, Silangit-Parapat, Silangit-Simalungun, dan Silangit-Balige. Tiga bus untuk tiap rute, masing-masing bus melayani 3 trip perjalanan.

“Kita minta teman-teman media untuk mensosialisasikan program ini, BPODT juga. Moment untuk membangun Sumatera Utara, slogan Damri Maju bersama dan berkembang dengan pelanggan,” kata Ahmad.

Menurutnya, kontribusi Damri dalam memajukan wisata Danau Toba, yakni menjadi moda transportasi yang diperuntukkan untuk mengangkut wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisman), melalui Bandara Silangit ke Danau Toba. Kehadiran Damri akan berdampak baik untuk perkembangan pariwisata.

“Selama sebulan awal, ongkos digratiskan untuk turis dan warga yang memilik boarding pass. Turun dari Silangit menunjukkan boarding pass. Baliknya, dia bisa menunjukkan tiket mau ke Silangit,” kata Ahmad.

Selain itu, Damri Cabang Medan akan membuka rute reguler yang melayani rute dari Bandara Silangit hingga Pematangsiantar. Bus ini juga akan beroperasi dalam waktu dekat. Dengan hadirnya Damri, akses menuju Danau Toba diharapkan lebih dekat, setelah wisatawan menumpang pesawat terbang dan kereta api.

Perum Damri Cabang Medan akan membuka trayek baru dari Bandara Internasional Silangit di Siborong-borong ke sejumlah di kawasan Danau Toba mulai awal Desember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News