Dana Asing Kembali Masuk

Dana Asing Kembali Masuk
Dana Asing Kembali Masuk

jpnn.com - JAKARTA - Kembalinya dana asing membawa indeks harga saham gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan. Pada penutupan perdagangan kemarin, IHSG menguat 59,590 poin (1,214 persen) ke level 4.969,882 dan indeks LQ45 naik 12,18 poin (1,46 persen) ke posisi 847,45.

Frekuensi transaksi perdagangan kemarin relatif ramai mencapai 205.629 kali dengan volume 6,297 miliar saham senilai Rp 6,040 triliun. Sebanyak 207 saham naik, 87 saham turun, dan 204 saham stagnan.

Investor asing kembali masuk setelah sehari melakukan penjualan bersih tipis pada perdagangan sebelumnya. Pada perdagangan kemarin investor asing melakukan pembelian bersih senilai Rp 373,3 miliar.

Kepala Riset PT Recapital Securities Akhmad Nurcahyadi mengatakan, IHSG masih akan bergerak mendatar, bergantung stimulus di Amerika Serikat (AS). Investor perlu mencermati apakah dalam dua bulan ke depan akan ada pengurangan stimulus lagi dari The Fed.

"Bayangan saya sih di tahun ini tidak akan hilang sepenuhnya stimulus di sana," katanya di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin. Investor juga perlu mencermati apakah rencana kenaikan suku bunga di AS. Selebihnya berharap hasil pemilu di Indonesia positif.  

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya memperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini bergerak di kisaran 4.933 - 5.002.

"IHSG kembali ke dalam uptrend channel setelah berhasil melewati resistance 4.933 dan menutup perdagangan di atas level tersebut," ujarnya kemarin.

Williams optimistis tinggal sejengkal lagi IHSG akan di atas level 5.002, terlebih ditunjang arus inflow yang masih terus terjadi dengan jumlah yang cukup memadai. "Hal itu menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan investor tetap tinggi dan menjelang awal bulan diperkirakan data data ekonomi nasional akan menunjukkan kestabilan, bahkan mungkin lebih baik," yakinnya.

JAKARTA - Kembalinya dana asing membawa indeks harga saham gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan. Pada penutupan perdagangan kemarin, IHSG menguat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News