JPNN.com

Dana BOS Afirmasi dan Kinerja Bantu Sekolah Swasta di Masa Pandemi COVID-19

Senin, 29 Juni 2020 – 06:52 WIB
Dana BOS Afirmasi dan Kinerja Bantu Sekolah Swasta di Masa Pandemi COVID-19 - JPNN.com
Ilustrasi belajar daring selama pandemi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi memberikan respons positif terhadap kebijakan Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang memberikan bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi dan kinerja bagi sekolah swasta.

Menurut dia, keputusan yang diambil ini cukup berguna apalagi di tengah pandemi COVID-19, tidak mudah mengelola sebuah sekolah atau institusi pendidikan baik itu negeri maupun swasta.

"Perlu menjadi perhatian adalah bagaimana pengelolaan dana tersebut benar-benar bisa dipertanggungjawabkan sesuai aturan, tepat guna dan membawa manfaat bagi masyarakat yang seharusnya menjadi tujuan akhirnya," kata Adri kepada JPNN.com, Senin (29/6).

Saat ini ketika sekolah tatap muka belum bisa dilakukan, lanjutnya, pemerintah perlu memberi perhatian lebih pada daerah-daerah tertentu yang secara infrastruktur belum terjangkau untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Perhatian pemerintah bukan hanya pada sekolah negeri tetpi juga banyak sekolah swasta yang selama ini mengambil peran untuk mendidik anak bangsa di berbagai pelosok negeri," ujarnya.

Pemenuhan kebutuhan belajar bagi anak bangsa yang terkendala karena faktor belum baiknya infrastruktur PJJ, harus dibantu oleh Kemendikbud.

Caranya dengan memberdayakan jejaring yang ada di lingkungan sekitarnya untuk melakukan kolaborasi agar dimungkinkan dibangun dalam waktu singkat jaringan infrastruktur yang kemudian memungkinkan bisa terjadinya PJJ tersebut dilakukan misalnya melalui Radio, Televisi ( model pembelajaran luring).

"Pemerintah perlu mengajak peran serta media komunikasi televisi maupun radio baik milik pemerintah maupun swasta berperan serta mengatasi problem PJJ di daerah-daerah yang masih terkendala jaringan teknologi Internet dan lainnya," tandasnya

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo