Dana Otsus Papua Tak Sentuh Kesejahteraan

Dana Otsus Papua Tak Sentuh Kesejahteraan
Dana Otsus Papua Tak Sentuh Kesejahteraan
JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI dari Papua, Irene Manibui menyebutkan dana Otonomi Khusus Papua yang sudah dikucurkan selama 10 tahun terakhir tak jelas penggunaannya. Bahkan, dana itu tidak bisa menberikan jaminan menyejahterakan masyarakat Papua yang hanya berjumlah 3-4 juta jiwa. Padahal, sesuai Undang-undang Otonomi Khusus Papua nomor 21 tahun 2001, dana Otsus Papua setiap tahun dikucurkan sebesar dua persen dari Dana Alokasi Umum (DAU).

 

Menurut dia, dana yang dikucurkan pemerintah pusat hingga 2011 ini kurang lebih sudah Rp30 triliun. Kalau berhitung di atas kertas, tegas Irene, dana sebesar itu untuk menyejahterakan masyarakat Papua yang berjumlah 3 hingga 4 juta jiwa sudah lebih dari cukup.

"Tapi, mengapa uang sebanyak itu tidak bisa menyejahterakan masyarakat Papua. Kemana uang-uang itu?," kata Irene.

Menurut Irene, ketidakjelasan dana Otsus yang tidak bisa dinikmati masyarakat Papua secara keseluruhan itulah menjadi titik permasalahan. Sehingga masyarakat merasa ada ketidakadilan dan menimbulkan kesejahteraan di berbagai bidang kehidupan rakyat Papua. Hal itu juga menjadi pemicu terjadinya kepincangan.

JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI dari Papua, Irene Manibui menyebutkan dana Otonomi Khusus Papua yang sudah dikucurkan selama 10 tahun terakhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News