Dana Sosialisasi KB Lebih Kecil Dibanding Rokok

Dana Sosialisasi KB Lebih Kecil Dibanding Rokok
Dana Sosialisasi KB Lebih Kecil Dibanding Rokok
JAKARTA--Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief mengeluhkan rendahnya anggaran sosialisasi program KB. Dengan terang-terangan dia menyebut, dana sosialisasi larangan merokok jauh lebih tinggi dibanding KB.

"Bagaimana program KB bisa berhasil, sementara dana sosialisasi kita sangat minim. Hanya Rp 30 miliar untuk seluruh provinsi, kab/kota. Sudah termasuk penyediaan alat KB gratis untuk daerah-daerah pedesaan," ungkap Sugiri dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI di Senayan, Kamis (20/1).

Katanya, hal ini berbeda dengan dana sosialisasi antirokok yang mencapai Rp 150 miliar. Padahal rokok tidak berdampak pada penekanan jumlah penduduk. Dia menyebut, kepadatan penduduk di Indonesia berada di rating empat dunia. Itu sebabnya, pemerintah menargetkan tingkat pertumbuhan penduduk pada 2015 hanya 1,1 persen.

"Ini akan sulit dicapai bila program KB tidak digenjot. Data Sensus Penduduk 2010 menyebutkan, jumlah penduduk 237 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan penduduk 1,94 persen," ucapnya.

JAKARTA--Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief mengeluhkan rendahnya anggaran sosialisasi program KB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News