Dana untuk Proyek Hambalang Cukup Rp1,7 Triliun

Dana untuk Proyek Hambalang Cukup Rp1,7 Triliun
Dana untuk Proyek Hambalang Cukup Rp1,7 Triliun

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Teknik dan Operasi PT Biro Insinyur Eksakta, Sonny Anjangsono menyatakan, angka untuk pembangunan sarana dan prasarana Hambalang hanya Rp1,7 triliun. Angka itu didapatkan setelah Sonny memetakan kebutuhan biaya proyek Hambalang.

Karena itu, menurut Sonny, anggaran Hambalang sampai Rp2,5 triliun tidaklah masuk akal. "Sudah ada bangunan di sana. Hasil akhir Rp2,5 triliun itu tak mungkin untuk tempat itu. Itu hasil hitungan teknis saya. Jadi rasanya tak masuk akal angka segitu (Rp2,5 triliun)," kata Sonny dalam persidangan Deddy Kusdinar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (12/11).

Sonny menjelaskan, untuk penghitungan biaya rencana pembangunan, ia berkomunikasi dengan Wafid Muharam yang kala itu menjabat Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga. "Data saya terima dari Pak Wafid. Saya bandingkan kondisi gambar dan lokasi," ujarnya.

Sonny menuturkan, ada empat kali perubahan anggaran terkait proyek Hambalang. "Ada empat kali kenaikan. 125 miliar, 225 miliar, 800 miliar sekian dan 2,5 triliun," kata Sonny.

Ia menjelaskan, Deddy sempat ikut rapat pembahasan anggaran. "Satu kali saat membahas anggaran Rp2,5 triliun. Dari sebelumnya Rp800 miliaran," ujar Sonny.

Di dalam perjalanannya, PT Biro Insinyur Eksakta mundur dari proyek Hambalang. Salah satu alasannya adalah curiga dengan nilai proyek yang jauh melampaui hasil kalkulasi teknis mereka. (gil/jpnn)


JAKARTA - Direktur Teknik dan Operasi PT Biro Insinyur Eksakta, Sonny Anjangsono menyatakan, angka untuk pembangunan sarana dan prasarana Hambalang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News