Danamart Securities Crowdfunding Kantongi Izin OJK, Bisa Danai UKM Sampai Rp 10 Miliar

Danamart Securities Crowdfunding Kantongi Izin OJK, Bisa Danai UKM Sampai Rp 10 Miliar
Founder & CEO Danamart sekaligus Sekretaris Jenderal Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) Patrick Gunadi (baju hitam) bersama Roberto Sumabrata (Advisor Danamart) memberi penjelasan bahwa Danamart sebagai salah satu penyelenggara layanan urun dana atau securities crowdfunding (SCF) pertama yang peroleh izin resmi OJK pada awal 2023, Kamis (11/5). Foto: Danamart

jpnn.com, JAKARTA - Danamart, salah satu penyelenggara layanan urun dana atau securities crowdfunding pertama yang berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada awal tahun 2023.

Dengan izin tersebut, UKM pun dapat dibantu untuk mendapatkan tambahan modal bisnis sampai dengan Rp 10 miliar.

Sejak mendapatkan izin resmi dari OJK, Danamart terbukti telah berhasil membantu UKM naik kelas dengan peningkatan modal.

Melalui hal tersebut, Danamart memberikan dampak sosial untuk perekonomian Indonesia, mengingat usaha kecil dan menengah merupakan pilar kuat penggerak ekonomi negara.

Menurut data Kementerian Koordinator Perekonomian RI tahun 2022, jumlah usaha kecil dan menengah di Indonesia mencapai 99 persen dari keseluruhan jumlah usaha, dengan kontribusi kepada PDB negara sebesar 60,5 persen di Indonesia dan penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9 persen.

Bagi penyelenggara jasa keuangan, proses mendapatkan izin OJK bukanlah proses yang mudah.

Sebagai regulator industri keuangan di Indonesia, OJK senantiasa berupaya menjaga stabilitas ekosistem keuangan di Indonesia dengan mempertimbangkan aspek yang terkait dengan prinsip-prinsip good corporate governance dan ketersediaan ahli teknologi informasi, serta analisis keuangan berkualitas mumpuni, pada perusahaan penyelenggara sebelum memberikan izin secara resmi.

Biayai UKM dengan Prinsip ESG selain sebagai salah satu penyelenggara pertama yang memperoleh izin resmi dari OJK di awal tahun 2023, Danamart juga menjadi pionir pembiayaan berbasis ESG atau yang menerapkan prinsip keberlanjutan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Danamart salah satu penyelenggara layanan urun dana atau securities crowdfunding pertama yang berhasil mendapatkan izin resmi dari OJK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News