Danamon Kucurkan Rp 2 Miliar

Danamon Kucurkan Rp 2 Miliar
Danamon Kucurkan Rp 2 Miliar
JAKARTA - PT Bank Danamon Tbk melalui Yayasan Danamon Peduli menganggarkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk menggarap program pasar sejahtera yang melingkupi lima lokasi percontohan pada 2011. "Untuk program pasar sejahtera kita menganggarkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk cover lima lokasi percontohan dan ditambah lokasi baru pada 2011. Dana Rp 2 miliar bukan hanya kegiatan fisik saja yang penting adalah kombinasi pendekatan fisik dan non fisik," kata Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli (YDP) Bonaria Siahaan di Jakarta, Selasa (5/7).

Program pasar sejahtera (sejahtera, bersih, hijau dan terawat) ini merupakan kerjasama antara YDP dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pertanian dan lima mitra Pemerintah Daerah. Program pasar sejahtera sendiri sebagai salah satu program bertujuan mendukung upaya revitalisasi pasar tradisional melalui peningkatan kesehatan lingkungan pasar-pasar tradisional dengan menggunakan standar nasional sebagaimana ditetapkan dalam panduan Pasar Sehat. Pendekatan yang dipakai YDP adalah dengan menggabungkan dukungan fisik dan non fisik.

"Konsep pasar sejahtera mendukung revitalisasi pasar dari sisi aspek kesehatan lingkungan. Kita melihat dari sisi aspek kesehatan lingkungan karena 60 persen penduduk Indonesia tergantung pasar tradisional dan sampah dari pasar nomor dua terbesar setelah sampah rumah tangga," ujar Bonaria.

Ada pun unit percontohan tersebut antara lain pasar Grogolan, pasar Ibuh, Payakumbuh, pasar Bunder, Kabupaten Sragen, pasar Baru, kota Probolinggo, dan pasar Semampir di kabupaten Probolinggo. Selain itu, YDP juga menganggarkan dana Rp 6 miliar untuk program Cepat Tanggap Bencana pada 2011. Bonaria mengatakan, program ini fokus kepada respon cepat tanggap baik bencana besar dan kecil.

JAKARTA - PT Bank Danamon Tbk melalui Yayasan Danamon Peduli menganggarkan dana sebesar Rp 2 miliar untuk menggarap program pasar sejahtera yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News