Danis Sumadilaga Paling Layak jadi Kepala Otorita IKN Nusantara

Danis Sumadilaga Paling Layak jadi Kepala Otorita IKN Nusantara
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi untuk ibu kota negara. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Tata Kota Universitas Trisaki Nirwono Joga menyebut satu nama yang dinilai paling pantas menduduki jabatan sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sosok tersebut adalah Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga.

Nirwono menjelaskan Danis Sumadilaga sejak awal telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengurusi proyek IKN.

Sudah pasti Danis sudah mengerti tentang pembangunan Ibu Kota baru.

“Untuk tahap awal 5 tahun pertama kepala otorita langsung ditunjuk presiden. (Ketua Satgas) sejak 2 tahun lalu sudah mempersiapkan semua. Ketua satgasnya yang paling tepat dan paling memahaminya,” ujar Nirwono saat dihubungi JPNN.com, Jumat (21/1).

Apalagi, selama 5 tahun awal pemindahan Ibu Kota harus berfokus pada pembangunan infrastruktur dasar kota seperti jalan, salutan air, penyediaan air bersih, hingga perumahan.

Selain itu, terdapat pembangunan infrastruktur pemerintahan, yakni Istana Negara, gedung-gedung kementerian, dan lembaga.

“Semua merupakan tugas dari KemenPUPR sehingga dengan demikian penunjukkan ketua satgas perencanaan dan pembangunan IKN yang notabene dari KemenPUPR sendiri akan memudahkan koordinasi pelaksanaan pembangunan,” kata dia.

Nirwono Joga menilai Danis Sumadilaga sosok paling layak menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News