Daop I Jakarta Terus Tingkatkan Kualitas Perjalanan KA

Daop I Jakarta Terus Tingkatkan Kualitas Perjalanan KA
Petugas kereta api sedang berjaga di peron stasiun. Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Daop 1 Jakarta terus meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Karena itu, Daop I Jakarta melakukan peremajaan sarana demi meningkatkan kualitas perjalanan KA.

Kepala Daop I Jakarta Dadan Rudiansyah menjelaskan pada 2017 kemarin pihaknya meluncurkannya secara resmi KA Jayakarta Premium, yang sebelumnya adalah KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) Tambahan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng.

Kemudian KA Krakatau (relasi Merak-Blitar) menjadi KA Singasari (Pasar Senen-Blitar).

"Inovasi pun tak luput mengalami peningkatan. Selama 2017, Daop 1 Jakarta melakukan beberapa inovasi, baik dalam hal inovasi teknologi maupun pelayanan. Seperti, diberlakukannya e-boarding pass, di mana penumpang KA tidak perlu repot mencetak tiket di mesin Check In Counter (CIC)," kata Dadan.

Kemudian inovasi pelayanan perjalanan KA, di mana Daop 1 Jakarta menambah pelayanan perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) di jalur Bekasi Timur Cikarang, dan beroperasinya KA Railink Bandara Soekarno Hatta, yang saat ini relasi Stasiun BNI City (Sudirman Baru) Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

"Dengan beroperasinya KA Bandara Soetta ini, memudahkan penumpang yang ingin menuju Bandara dengan menggunakan transportasi KA," tutur dia.

Selain menjalankan bisnis utama perkeretaapian, PT KAI Daop 1 Jakarta juga menjalankan bisnis penunjang lainnya. Salah satunya, penyewaan aset, baik lahan, bangunan maupun pemasangan iklan.

Tahun ini, unit Pengusahaan Aset Daop 1 Jakarta, selaku unit yang mengurusi penyewaan aset PT KAI juga akan melakukan strategi kinerja dengan mengintesifkan program Door-to-Door dan Drive-Thru sinergi bersama tim aset dan penagihan, guna meraih pendapatan yang sudah ditargetkan tahun ini, yaitu peningkatan 18,4 persen.

Selama 2017, Daop 1 Jakarta melakukan beberapa inovasi, baik dalam hal inovasi teknologi maupun pelayanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News