Jumat, 14 Desember 2018 – 23:52 WIB

Dapatkan Manfaat Meditasi Hanya dalam Waktu 15 Menit

Kamis, 14 Juni 2018 – 23:20 WIB
Dapatkan Manfaat Meditasi Hanya dalam Waktu 15 Menit - JPNN.COM

Ilustrasi. Meditasi. Foto IST

jpnn.com - Sepertinya kita tidak pernah bisa sepenuhnya mengukur manfaat meditasi yang luar biasa.

Sejauh ini, Anda telah belajar bahwa banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari meditasi termasuk kesehatan jantung yang lebih baik, tidur yang lebih nyenyak, peningkatan fokus, pereda stres dan bahkan bantuan dari rasa sakit fisik.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya 15 menit melakukan meditasi adalah waktu yang cukup baik untuk mendapatkan manfaatnya.

Dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan, bermeditasi selama delapan minggu memiliki perubahan besar pada gen yang mengatur peradangan, ritme sirkadian dan metabolisme glukosa.

"Sebenarnya, meditasi disebut sebagai respons relaksasi, untuk membantu membawanya ke dalam arus utama sebagai pengobatan yang efektif untuk gangguan terkait stres," kata oleh Dr Herbert Benson, salah satu pendiri Harvard Mind / Body Medical Institute, seperti dilansir laman India Times.

Respons dalam proses relaksasi mengisyaratkan kemampuan seseorang untuk menenangkan tubuh dan mengarahkan aliran darah ke pikiran untuk menetralkan efek buruk yang ditimbulkan stres pada tubuh.

Studi yang dilakukan pada di tahun 1960-an dan 1970-an mengungkapkan bahwa meditasi bisa membantu orang yang menderita hipertensi dengan menurunkan tekanan darah dan detak jantung mereka.

Gaëlle Desbordes, seorang instruktur dalam radiologi di HMS dan ahli saraf di MGH's Martinos Center for Biomedical Imaging, telah meneliti manfaat meditasi berdasarkan kesadaran sebagai alternatif untuk menghadapi depresi berat.

SHARES
TAGS   meditasi
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar