Dari 10 Buku Seri SBY, Empat dapat Bintang Tiga

Dari 10 Buku Seri SBY, Empat dapat Bintang Tiga
Dari 10 Buku Seri SBY, Empat dapat Bintang Tiga
JAKARTA—Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Diah Harianti mengungkapkan, pihaknya hanya sebatas melakukan penilaian terhadap buku-buku yang diusulkan oleh para penerbit, termasuk buku seri berjudul ‘Lebih Dekat dengan SBY’.

“Tugas kami hanya menilai buku-buku yang diusulkan oleh para penerbit untuk dinilai. Kembali saya tegaskan, dalam hal ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan dipilih atau tidaknya dalam proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) di daerah,” ungkap Diah saat memberikan klarifikasi mengenai peredaran buku SBY di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Selasa (25/1).

Diah menjelaskan, ada dua jenis penilaian perbukuan di lingkungan Kemdiknas. Pertama, jika buku-buku tersebut dikategorikan buku teks, maka yang melakukan penilaiannya adalah Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) yang kemudian ditetapkan oleh Kemdiknas. Kedua, jika buku dikategorikan non teks pelajaran dan buku pengayaan, maka penilaian dilakukan oleh Puskurbuk yang kemudian ditetapkan oleh Kapuskurbuk.

“Untuk proses penilaian buku non teks, kami membentuk tim yang kami beri nama Tim Penilai Buku Non-Teks Pelajaran. Prosedurnya, penerbit harus mengajukan bukunya untuk dinilai, lalu tim melakukan penilaian. Mereka berasal dari para ahli yang independent di masyarakat,” paparnya.

JAKARTA—Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Diah Harianti mengungkapkan, pihaknya hanya sebatas melakukan penilaian terhadap buku-buku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News