Dari 100 Orang, 27 Tidak Hafal Pancasila

Dari 100 Orang, 27 Tidak Hafal Pancasila
Asman Abnur. Foto: dok/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengaku prihatin dengan banyaknya masyarakat yang tidak hafal Pancasila. Asman menyebutkna, dari hasil sebuah survei menemukan dari 100 orang yang diminta menghafalkan Pancasila, sebanyak 27 orang tidak bisa.

"Ini sangat memprihatinkan, jangankan soal butir-butir pengamalan Pancasila, isi Pancasila saja banyak yang tidak tahu. Makanya Presiden Joko Widodo membentuk Unit Kerja tentang Pancasila, agar seluruh masyarakat Indonesia tahu tentang Pancasila," terang Asman saat memberikan sambutan di perayaan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6).

Unit Kerja Pancasila, lanjutnya, akan menjadi gerakan ‎nasional di mana pengamalannya akan diimplementasikan ke seluruh aspek kehidupan. "Bukan hanya PNS yang harus mengamalkan Pancasila, tapi seluruh anak bangsa. Kita harus tahu sejarah bangsa ini ada," tegasnya.

Dengan mengamalkan Pancasila, tambah Asman, akan tercipta harmonisasi bangsa. Tidak ada kata perbedaan dan intoleransi. ‎Semua mengedepankan kepentingan negara, bukan golongan atau lainnya. (esy/jpnn)


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengaku prihatin dengan banyaknya masyarakat yang tidak hafal


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News