Dari Debat Pilpres Perdana, Terlihat Ganjar Memiliki Program yang Terukur dan Rasional

Dari Debat Pilpres Perdana, Terlihat Ganjar Memiliki Program yang Terukur dan Rasional
Ilustrasi - Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengikuti debat Pertama capres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12). Debat pertama tersebut mengusut tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing memuji penampilan tiga capres dalam debat perdana Pilpres 2024. Namun, ia menilai penampilan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo paling keren.

Menurut Emrus, Ganjar memulai debat dengan bercerita perjalanannya bersama cawapres Mahfud MD dari Sabang hingga Merauke untuk menyerap aspirasi warga. Emrus melihat hal itu menjadi nilai lebih untuk Ganjar.

"Andaikan boleh saya membedakan, saya menangkan Ganjar karena program yang disampaikan terukur, rasional membawa kebhinekaan, serta menunjukkan suatu keputusan nasional," kata Emrus.

Dia mengatakan apa yang disampaikan Ganjar menunjukkan dia bisa menangkap keinginan masyarakat Papua.

"Dia berbicara kebutuhan rumah sakit dan puskesmas desa. Dia menangkap fenomena itu dan sepertinya akan melakukan pembangunan di bidang kesehatan yang menurutnya penting," ujar Emrus.

Kalau skor skala 1-100 untuk penampilan di debat perdana capres-cawapres, Emrus memberikan nilai 98 atau di atas capres lainnya.

Secara keseluruhan, Emrus menilai debat berjalan sangat produktif, semua saling adu gagasan, adu argumentasi dan saling memberikan sanggahan. "Membuat masyarakat semakin cerdas melihatnya dan saat memilih nanti," ujar Emrus. (flo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Kalau skor skala 1-100 untuk penampilan di debat perdana capres-cawapres, pengamat ini memberikan nilai 98 untuk Ganjar Pranowo

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News