Dari Jakarta ke Vatikan demi Penghormatan Terakhir untuk Paus Benediktus

Dari Jakarta ke Vatikan demi Penghormatan Terakhir untuk Paus Benediktus
Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI disemayamkan di St. Peter's Basilica, Vatikan, Senin (2/1/2023). Foto: ANTARA FOTO/Vatican Media/Handout via REUTERS/rwa

jpnn.com, VATIKAN - Puluhan ribu orang berbondong-bondong memenuhi Basilika Santo Petrus pada Senin untuk memberikan penghormatan kepada mantan Paus Benediktus XVI, yang jenazahnya dibaringkan tanpa perlengkapan atau lambang kepausan menjelang pemakamannya minggu ini.

Benediktus meninggal pada Sabtu (31/12) dalam usia 95 tahun di biara terpencil Vatikan tempat dia tinggal sejak pengunduran dirinya yang mengejutkan pada tahun 2013.

"Saya harus datang," kata Sri, seorang wanita yang berkunjung dari Jakarta, Indonesia, kepada Reuters.

"Dia adalah Paus dan saya seorang Katolik," kata dia, menolak menyebutkan nama keluarganya.

Jenazah Benediktus, yang mengenakan jubah liturgi merah dan emas dan ditempatkan di mimbar sederhana, dipindahkan dalam prosesi sebelum fajar melalui Taman Vatikan dari biara ke tempat di depan altar utama Basilika Santo Petrus.

"Saya merasa dia seperti kakek bagi kami," kata Veronica Siegal (16) seorang siswa sekolah menengah Katolik dari Baton Rouge, Louisiana, di Lapangan Santo Petrus setelah melihat jenazah paus.

Dia berkata bahwa dia telah membaca salah satu buku Benediktus tentang Yesus untuk salah satu pelajarannya.

"Saya tahu dia berada di tempat yang lebih baik karena dia orang suci dan dia memimpin dengan sangat baik," kata teman sekelas Siegal, Molly Foley (16) dari Atlanta, Georgia.

Mantan Paus Benediktus meninggal pada Sabtu (31/12) dalam usia 95 tahun di biara terpencil Vatikan tempat dia tinggal

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News