Kabar Duka dari Vatikan, Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

Kabar Duka dari Vatikan, Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia
Paus Emeritus Benediktus XVI. Foto: Vatican Media

jpnn.com, VATIKAN - Kabar duka datang dari Vatikan pada hari terakhir 2022. Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia pada Sabtu (31/12) pukul 09.34 pagi waktu setempat.

Kantor Pers Takhta Suci Vatikan mengumumkan tokoh bernama asli Joseph Ratzinger itu meninggal dunia di kediamannya di Biara Mater Ecclesiae.

Biara itulah yang dipilih Benediktus untuk tempat tinggal setelah figur kelahiran 16 April 16 1927 tersebut mengundurkan diri dari posisi paus pada 28 Februari 2013.

“Dengan kesedihan kami memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pada pukul 9.34 di Biara, Vatican,” ujar pengumuman tersebut.

Selanjutnya, jenazah Benediktus XVI akan disemayamkan di Basilika Santo Petrus pada Senin (2/1) pagi sehingga umat Katolik berkesempatan memberikan penghormatan.

Direktur Kantor Pers Takhta Suci Vatikan Matteo Bruni menjelaskan pemakaman jenazah Benediktus akan dilaksanakan pada 5 Januari 2023.

Paus Fransiskus yang kini memimpin Takhta Suci Vatikan akan memimpin langsung prosesi pemakaman pendahulunya itu pada pukul 09.30 di Lapangan Santo Petrus.

Sebelumnya, Paus Fransiskus mengajak umat Katolik memanjatkan doa untuk Paus Emeritus Benediktus.

Kabar duka datang dari Vatikan pada hari terakhir 2022. Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News