Darmadi DPR Desak Kementerian ATR/BPN Perpanjang SHGB Milik AP2META, Begini Alasannya

Darmadi DPR Desak Kementerian ATR/BPN Perpanjang SHGB Milik AP2META, Begini Alasannya
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Darmadi Durianto. Foto: Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Darmadi Durianto mendesak Kementerian ATR/BPN segera mempercepat perpanjangan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) milik Asosiasi Pedagang Pusat Grosir Metro Tanah Abang (AP2META).

Darmadi Durianto menegaskan desakan yang ia lakukan tak lebih sebagai wujud kekhawatiran akan nasib ribuan pedagang yang mencari nafkah di pusat grosir Tanah Abang.

“Kasihan kalau nasib ribuan pedagang nantinya terkatung-katung hanya karena persoalan administrasi. Jangan sampai kita mengorbankan kepentingan yang jauh lebih besar hanya karena ego sektoral. Saya mendesak agar pihak Kementerian ATR/BPN merespons dengan cepat permintaan AP2META yang menaungi ribuan pedagang itu,” tegas Bendahara Megawati Institute itu kepada wartawan, Minggu (31/7/2022).

Menurut Darmadi, sikap lamban Kementerian ATR/BPN justru di satu sisi bisa berdampak terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

“Usaha kan butuh kepastian. Jika kepastian tidak ada justru bisa berimbas terhadap kegiatan ekonomi masyarakat itu sendiri. Padahal, pemerintah punya komitmen kuat bagaimana caranya iklim ekonomi kita bisa berjalan dengan baik. Slah satunya mendukung UMKM bukan malah menghambatnya,” tegas Ppolitikus PDIP itu.

Darmadi juga mempertanyakan komitmen Kementerian ATR/BPN pascaadanya pergantian kepemimpinan yang akan memberikan pelayanan secara transparan dan efisien kepada masyarakat.

“Baju dan tongkat komando mereka yang baru semestinya merepresentasikan komitmen pelayanan dan transparansi yang lebih baik dan maksimal. Jangan sampai baju dan tongkat komando mencerminkan mereka maunya dilayani oleh masyarakat,” sindirnya.

Sebelumnya, Asosiasi Pedagang Pusat Grosir Metro Tanah Abang (AP2META) meminta pihak Kementerian ATR/BPN untuk memperpanjang status Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) milik mereka yang akan berakhir pada tahun 2023 nanti.

Darmadi Durianto mendesak Kementerian ATR/BPN segera mempercepat perpanjangan SHGB milik Asosiasi Pedagang Pusat Grosir Metro Tanah Abang (AP2META).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News