Data Pertahanan yang Diungkap Ganjar di Debat Capres Tak Bersifat Rahasia

Data Pertahanan yang Diungkap Ganjar di Debat Capres Tak Bersifat Rahasia
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam debat capres putaran ketiga pada Minggu (7/1). Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Deputi 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Andi Widjajanto menyebut data soal pertahanan yang diungkapkan paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo dalam debat kandidat Pilpres 2024 pada Minggu (7/1) kemarin, tidak bersifat rahasia.

"Bukan data rahasia, bukan data sensitif yang teman-teman juga bisa langsung memperolehnya dari sumber-sumbernya," kata Andi dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Senin (8/1).

Eks gubernur Lemhannas itu kemudian mengatakan data soal Mininum Esssential Forces (MEF) 2024 yang diungkap Ganjar dalam debat bukan bahan rahasia.

Menurutnya, data soal MEF 2024 menjadi dokumen publik dan rakyat bisa melihat capaian dari program tersebut. 

"Data itu kami dapatkan di websitenya Kemenko Polhukam," kata Andi.

Selanjutnya, kata alumnus Universitas Indonesia (UI) itu, data pertahanan lain yang diungkapkan Ganjar dalam debat berasal dari lembaga luar.

Semisal, saat capres berambut putih itu menjabarkan alokasi anggaran belanja pertahanan Indonesia dibandingkan dengan PDB yang cenderung menurun.

"Ya, sumber data kami adalah IISS di London yang setiap Februari biasanya mengeluarkan military balances," kata Andi.

Andi Widjajanto menyebut tidak ada data yang bersifat rahasia diungkap Ganjar Pranowo dalam debat kandidat pilpres 2024 pada Minggu (7/1) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News