Data Terbaru Jumlah Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Data Terbaru Jumlah Petugas KPPS yang Meninggal Dunia
Petugas KPPS Meninggal Dunia: Potret Supin Indarwati semasa hidup. Foto: R.Rendra Bagus/Radar Madiun/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membeber data terbaru jumlah petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di pemilu 2019 yang meninggal dunia selama proses Pemilu 2019. Catatan KPU per Senin (29/4) ini pukul 08.00 WIB, petugas KPPS yang meninggal dunia mencapai 296 orang.

"Data kami, yang wafat 296 orang, petugas yang sakit 2.151. Total 2.447 yang tertimpa musibah," kata Sekjen KPU, Arif Rahman Hakim kepada wartawan, Senin (29/4).

Arif mengatakan, KPU masih menunggu standar biaya yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan terkait pemberian uang santunan kepada ahli waris petugas KPPS yang tertimpa musibah.

Menurut Arif, KPU hanya bisa mengusulkan angka santunan. Nantinya, pihak Kemenkeu yang memutuskan besaran santunan bagi petugas KPPS yang tertimpa musibah.

"Mudah-mudahan sepuluh hari ke depan sudah bisa kita eksekusi," ucap dia.

BACA JUGA: Penghitungan Ulang, Kerja 28 Jam, Ketua KPPS Badannya tak Bergerak Lagi

Data hari menunjukkan data petugas KPPS yang meninggal dunia bertambah 24 orang. Dalam data KPU per Sabtu (27/4) pukul 18.00 WIB, jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia mencapai 272.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting menyadari jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia ini terus meningkat signifikan dalam beberapa hari terakhir. Sebab, banyak petugas KPPS yang menunda pelaporan anggotanya yang meninggal dunia ke KPU RI.

Jumlah petugas KPPS pada pemilu 2019 yang meninggal dunia diprediksi masih akan bertambah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News